Tuesday, July 24, 2012

Artikel Ekonomi & Bisnis : Monopoli Alamiah Baik untuk Jangka Panjang


Artikel Ekonomi dan Bisnis. Berikut ini akan kita bahas mengenai Monopoli Alamiah, dimana untuk jangka panjang hal ini akan berdampak baik.
Dalam ekonomi, monopoli alamiah diciptakan/terjadi, karena :
1.      Ekspektasi terhadap skala ekonomi yang harus dipenuhi,
2.      Perlunya efisiensi maksimum produksi, dan
3.      Mewujudkan distribusi lebih baik melalui pemasok tunggal.
Adapun faktor  yang menjadikan monopoli bertahan, karena :
Legal Barriers to Entry
1.      Undang-undang dan regulasi lainnya
2.      Hak Paten (Patent Right) atau Hak Cipta
Technical Barriers to Entry
1.      Perusahaan memiliki kemampuan dan atau pengetahuan khusus (special knowledge and technology) yang memungkinkan berproduksi sangat efisien,.
2.      Tingginya tingkat efisiensi memungkinkan perusahaan monopolis mempunyai kurva biaya (MC dan AC) yang menurun.
3.      Perusahaan memiliki kemampuan control sumber faktor produksi, baik berupa SDA, SDM, maupun lokasi produksi.
Adapun monopoli alamiah akan baik untuk jangka panjang selain karena faktor-faktor eksisting di atas juga karena :
1.      Terciptanya skala ekonomi yang besar dalam kaitannya dengan ukuran pasar. Dimana sebuah perusahaan dengan biaya tetap yang tinggi akan membutuhkan jumlah pelanggan besar dalam rangka untuk mengambil laba yang bermakna atas investasi awal yang dikeluarkan. Disinilah skala ekonomis menjadi penting. Karena setiap perusahaan memiliki biaya awal yang besar, maka setiap penambahan output untuk pasar dengan biaya tetap (apa yang awalnya diinvestasikan) dibagi di antara sejumlah besar pelanggan. Oleh karena itu, dalam industri dengan investasi awal besar, maka rata-rata biaya total menurun ketika output meningkat lebih besar dari kisaran tingkat output.
Ketika monopoli alamiah telah didirikan dengan besarnya biaya awal dan bahwa menurut aturan skala ekonomis, maka ketika perusahaan memperbesar jumlah produksi maka biaya rata-rata akan menurun dan oleh karena itu keuntungan yang akan diperoleh akan semakin besar. Secara prinsip, menambahkan satu lagi pelanggan meningkatkan pendapatan perusahaan dan menurunkan biaya rata-rata menyediakan bagi pelanggan perusahaan. Karena biaya rata-rata melayani pelanggan selalu menurun, perusahaan besar akan lebih efisien melayani seluruh basis pelanggan.
2.      Seperti semua monopolis, sebuah perusahaan monopoli yang telah memperoleh posisinya. Memiliki monopoli sangat mengurangi risiko dan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan keuangan yang diperlukan untuk investasi, baik dari penyertaan modal pemerintah maupun pinjaman lainnya karena tingkat kepercayaan yang tinggi. Melalui harga yang stabil atau dijamin meskipun terbatas tingkat keuntungan, dan mengurangi risiko jangka panjang kompetisi. Lebih mendasar, teori contestable markets (perebutan pasar) yang dikembangkan oleh Baumol dan lain-lain menyatakan bahwa monopolis (termasuk alam monopolis) memaksa agar kemungkinan persaingan di beberapa titik di masa depan dibatasi, dalam rangka untuk mencegah entri perusahaan lainnya.
Karenanya monopoli alami harus diawasi dan diregulasi sesuai dengan perkembangan pada struktur industri yang terjadi pada masanya. Adapun regulasi-regulasi tersebut bersandar pada :
1.      Regulasi Pengembalian Output (Return on Output-ROO)
2.      Regulasi Pengembalian Penjualan (Return on Sales-ROS)
3.      Regulasi Pengembalian Biaya, (Return on Cost-ROC)
Yang dapat berubah secara dramatis melalui teknologi baru (baik fisik maupun organisasi/ kelembagaan), sifat atau bahkan adanya monopoli alamiah dapat berubah dari waktu ke waktu. Seperti Telkom yang melepas monopoli selulernya ke perusahaan swasta yang cukup berkembang.

1 comment: